ideskoro

Just another WordPress.com site

Abstrak Sistem Perkuliahan Online

 

 

 

ABSTRAK

 

 

 

Penelitian ini dilakukan pada Universitas Komputer di Indonesia yaitu salah satu lembaga pendidikan tinggi yang sedang mengembangkan sistem perkuliahan secara online. Fenomena yang terjadi adalah kurangnya pemanfaatan kuliah online dalam menarik minat dosen untuk menggunakannya padahal kuliah online memberikan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan informasi dan melakukan komunikasi dapat    menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kualitas mengajar dosen untuk memberikan materi perkuliahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi sistem informasi kuliah online pengaruhnya terhadap minat dosen dan implikasinya pada kualitas mengajar dosen di Universitas Komputer Indonesia.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif.  Teknik  pengumpulan  data  dengan  cara  observasi,  wawancara  dan kuesioner. Unit analisis  dalam penelitian ni adalah dosen tetap Unikom  yang berjumlah 70 orang dan mahasiswa  yang  berjumlah 350 orang sebagai sampel pendukung. Untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem informasi kuliah online terhadap minat dosen dan implikasinya pada kualitas mengajar dosen digunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson,   analisis                jalur,  koefisien       determinasi,     uji                  hipotesis, dan      juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 15.0 for windows.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi Kuliah Online  secara keseluruhan  termasuk dalam kriteria baik, namun indikator  infrastruktur menunjukkan kriteria kurang baik karena kurang nya fasilitas personal komputer  dan lambatnya akses internet karena bandwidth kurang  mencukupi.  Sedangkan  untuk  variabel   minat  dosen  termasuk  dalam kategori cukup baik, hal ini dikarenakan adanya peraturan wajib bagi dosen tetap untuk menggunakan kuliah online sebagai fasilitas belajar, demikian pula variabel kualitas mengajar dosen termasuk dalam kategori tinggi kecuali indikator daya tarik  memperoleh  tanggapan  cukup,  hal  ini  dikarenakan  kurang  menariknya desain  materi  atau  bahan  ajar  yang  diupload  dosen.  Hasil  analisis  korelasi menunjukkan tingkat keeratan yang tinggi/erat, yang berarti semakin baik sistem informasi kuliah online   diterapkan, maka akan  meningkatkan minat dosen dan kualitas mengajar dosen. Selanjutnya sistem informasi kuliah  online berdampak positif  dan  signifikan  terhadap  minat  dosen  dan  kualitas  mengajar   dosen. Kemudian dampak secara simultan lebih besar dari secara parsial. Hal ini berarti keberadaan  sistem  informasi  kuliah  online  sebaiknya  memang  menyelaraskan dengan keinginan dosen sehingga menciptakan minat sekaligus kualitas mengajar dosen.

 

 

 

Kata kunci: Sistem Informasi Kuliah Online, Minat Dosen, Kualitas Mengajar

Dosen.

 

 

 

i

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: