ideskoro

Just another WordPress.com site

Komputer dan Masyarakat

TUGAS KELOMPOK

OKTORA ADITIA TEDJA         (NPM. 1A111219)

INNU DESKORO MUKTI          (NPM. 1A111304)

DONNY FAHREZA                    (NPM. 1A111190)

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Komputer adalah  sebuah  mesin  elektronik  yang secara  cepat  menerima data masukan digital dan mengolah informasi tersebut menggunakan seperangkat instruksi yang tersimpan didalamnya dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.

Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup dan bekerjasama untuk mencapai keinginan-keinginan mereka bersama. Dewasa ini penggunaan komputer banyak mempengaruhi cara kerja, cara berinteraksi maupun cara hidup manusia dalam bermasyarakat.    Komputer        tersebar luas      disemua                             tempat        dan           secara                 virtual mempengaruhi setiap aspek kehidupan dunia. Dengan komputer, manusia juga bisa menggunakan fasilitas internet yang tidak lagi terbatas oleh jarak dan waktu. Kedua komponen ini sangat mempermudah setiap kegiatan manusia yang memerlukan suatu alat pengolah data, penyimpanan data, pemindahan data dan mengontrol data.

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang luas dan besar, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Populasi internet telah mengubah cara hidup kita berkomunikasi, mendapatkan informasi, dan pergi ke sekolah. Pengaruh internet telah menyentuh  banyak  aspek  karena  gagasan  dan  informasi  dapat  dibagikan  dengan mudah diseluruh penjuru dunia.

Dalam keterkaitannya dengan penyebarluasan penguunaan komputer, kita perlu memahami bagaimana komputer berfungsi dan bagaimana menggunakan komputer dengan  aman.  Penggunaan  aplikasi  untuk  komputer  selalu  bergerak  meningkat. Efeknya terhadap masyarakat akan terus berlanjut dan makin banyak orang mendapatkan akses ke komputer melalui.

1.2. Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dari penulisan  ini adalah untuk menjelaskan tentang sistem dalam komputer, bagaimana proses penyebarannya dalam masyarakat, serta prediksi penggunaan   komputer   dalam   bidang   perbankan,   transportasi,   pendidikan,   dan teknologi informasi.

Sedangkan tujuan dari penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2 (dua) yang memaparkan prediksi kelompok tentang penggunaan komputer dan dampaknya terhadap tenaga kerja.

BAB II PEMBAHASAN

2.1. Sistem Komputer

2.1.1. Input

Input adalah data masukan yang membutuhkan tindakan atau instruksi di dalam komputer. Data adalah kumpulan fakta dan gambar yang belum diproses, seperti nama dan alamat, atau item yang sudah dibeli. Beberapa contoh peralatan input adalah keyboard, microphone, pen digital, dan mouse.

2.1.2. Proses

Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan.  Ketika sebuah proses dibuat maka proses tersebut dapat memperoleh sumber-daya seperti waktu  CPU,  memori,  berkas,  atau  perangkat  I/O.  Sumber  daya  ini  dapat diperoleh langsung dari sistem operasi, dari proses induk yang membagi-bagikan sumber daya kepada setiap proses turunannnya, atau proses turunan dan proses induk berbagi sumber-daya yang diberikan sistem operasi.

2.1.3. Output

Output dikenal juga sebagai hasil dari pemrosesan atau sebuah proses. Output harus   dilaporkan   kepada   pengguna   dengan   menggunakan   beberapa   cara. Monitor dan printer adalah contoh perangkat output.

2.2. Penyebaran Komputer

Komputer digital pertama yang dikenal masyarakat, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal berasal dari Amerika Serikat semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal).

CSIR Mk I, komputer pertama dikenal oleh masyarakat Australia, digunakan untuk mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.

Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan  banyak  koleksi  data                                                dan  mengerjakan  tugas  yang  sebelumnya dikerjakan oleh manusia. Misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris.

Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.

Dengan   penemuan   mikroprosesor   di   1970-an,   menjadi   mungkin   menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.

Saat abad kedua puluh satu dimulai, penggunaan komputer sudah mulai ditemukan pada masyarakat dunia, penyebarannya begitu pesat, bermunculan ahli-ahli di bidang komputer yang meregenerasikan pengetahuannya kepada anak usia sekolah.

2.3. Dampak Komputer Di Berbagai Bidang

1. Bisnis dan Pemerintah

Semua jenis organisasi menggunakan komputer secara ekstensif untuk mengelola komunikasi, keuangan dan proyek.

2. Pendidikan

Penggunaan komputer dan internet sekarang tidak terbatas pada siswa. Komputer dan internet juga mempengaruhi pendidikan ditingkat lebih tinggi, dimana siswa dapat mengikuti pelajaran secara online.

3. Kesehatan

Bidang kesehatan menggunakan komputer sebagai alat untuk mendiagnosis dan memberikan treatment (pengobatan).

4. Militer

Banyak Negara maju yang sudah mengandalkan teknologi tinggi untuk meningkatkan efektifitas dan keamanan tentara mereka.

5. Transportasi

Bagi industri transportasi saat ini, komputer memberikan memberikan kemampuan untuk mengelola fleet (iring – iringan kendaraan/armada) kendaraan mereka dengan melacak lokasi dan penggunaan kendaraan, untuk membantu memelihara dan mengefisiensikan operasi mesin, untuk mengontrol lalu lintas, dan untuk melakukan reservasi.

6. Hiburan

Orang menggunakan komputer untuk hiburan maupun bekerja. Mereka dapat menggunakan  komputer  untuk  mensimulasi  permainan  bagi  para  pemain  yang berada dimanapun di dunia.

2.4. Prediksi Penggunaan Komputer

2.4.1. Bidang perbankan

Penggunaan komputer di bidang perbankan akan terus berkembang, setelah muncul ATM kini ada internet banking yang lebih memudahkan pengguna dalam hal transfer uang, selain itu ada pula sms banking yang bisa digunakan tanpa adanya sambungan internet. Dengan itu para nasabah bisa dengan mudah bertransaksi dengan bank yang bersangkutan.

2.4.2. Bidang transportasi

Pada bidang transportasi, penggunaan komputer banyak digunakan terutama kereta dan pesawat terbang. Biasanya digunakan untuk pengaturan jadwal dan sistem pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer pemesanan tiket dan pengaturan jadwal menjadi lebih cepat dan tepat.

2.4.3. Bidang pendidikan

Bantuan komputer pada bidang pendidikan beraneka ragam, misalnya komputer yang dipakai untuk keperluan belajar mengajar oleh guru atau dosen, ada pula aplikasi-aplikasi interakitf yang dipakai untuk membantu siswa lebih memahami pelajaran dan internet yang memudahkan siswa untuk mencari materi dan melakukan pembelajaran jarak jauh.

2.4.4. Bidang teknologi informasi

Penggunaan  komputer  pada  bidang teknologi  informasi  (IT)  sangat  diperlukan agar mempermudah dan mempercepat dalam pengaksesan data yang ada.

BAB III PENUTUP

3.1.  Kesimpulan

Berdasarkan   uraian-uraian   yang   dipaparkan   pada   bab-bab   sebelumnya,   penulis mencoba memberikan kesimpulan mengenai dampak penggunaan komputer terhadap berbagai bidang tenaga kerja di masa depan, antara lain:

1.   Seluruh bidang pekerjaan akan lebih mudah dan cepat jika dilakukan oleh komputer disbanding dengan manusia dalam hal kemampuan kecepatan berhitung, serta mengingat dan menyimpan banyak data;

2.   Penyebaran  informasi  yang  sebelumnya  menggunakan  tenaga  kurir,  akan  lebih efisien jika menggunakan komputer melalui internet;

3.   Dampak  buruk  yang  pertama  kali  terlihat  pengaruhnya  pada  tenaga  kerja  saat semua   bidang                             pekerjaan   mampu   dioperasikan   oleh   komputer   yaitu    akan berkurangnya pemakaian tenaga kerja manusia;

4.   Semua kegiatan pekerjaan akan bergantung pada tenaga listrik, yang akan berakibat pada   penggunaan   listrik   nasional   dan   konsumsi   bahan   bakar   minyak   yang meningkat;

5.   Menurunnya    kemampuan    otak    manusia    apabila   semua    pengolahan    data memanfaatkan teknologi komputer.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: